(Tab Widget 1)

(Tab Widget 4)

(Tab Widget 3)

Filled Under:

Design Produk Cetak Multimedia Beserta Ciri-cirinya

Mata Pelajaran : Pengelolaan citra digital



Leaflet


Leaflet adalah sebuah informasi yang dicetak di selembar kertas kecil agar mudah dibagikan dan dibawa orang. Terkadang, selembar leaflet dilipat menjadi dua atau tiga supaya terlihat lebih ringkas dan praktis. Tujuan dari leaflet adalah untuk menyebar luaskan suatu informasi. Leaflet biasanya dicetak dalam jumlah banyak dan dibagikan ke masyarakat yang menjadi target penyampaian informasinya.


Ciri-ciri :
a.     Lembaran kertas berukuran kecil yang dicetak.
b.   Dilipat maupun tidak dilipat.
c.   Tulisan terdiri dari 200 ± 400 huruf dengan tulisan ceta biasanya juga diselingi gambar- gambar.
d.    Umuran biasanya 20 ± 30 cm.
e.    Pesan sebagai informasi yang mengadung peristiwa dan bertujuan untuk promosi.


Brosur


Brosur adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit.

Ciri-ciri :
a.    Umumnya memiliki pesan yang sifatnya tunggal
b.    Tujuannya memberikan informasi, membujuk dan mengerjakan masyarakat
c.    Hanya sekali diterbitkan (tidak reguler)
d.    Harus bisa menarik dan mengambil perhatian masyarakat umume.    Distribusinya sendiri artinya perusahaan tersebut yang membagikannya
f.    Umumnya dibuat secara jelas dengan desain yang menarik

Flyer


Flyer adalah leaflet yang hanya terdiri dari satu lembar, flyer umunya memiliki ukuran tak lebih dari A5 untuk mempublikasikan acara, event, atau produk.

Ciri- ciri :
·         Ukurannya A5 atau bisa lebih kecil lagi
·         Cetak bisa satu sisi ataupun dua sisi
·         Mempublikasikan acara, event atau produk


Booklet


Booklet adalah sebuah buku kecil yang terutama digunakan untuk mewakili perusahaan dan rincian produk. Booklet juga ibaratanya sebuah utusan yang membawa pesan penting. Penampilan dan desain booklet adalah mewakili gambaran sebuah perusahaan.

Ciri-ciri :
·         Bentuknya seperti buku tetapi tidak berjilid, dalam kata lain hanya berupa lipatan saja
·         Digunakan untuk media promosi yang menekan harga pengeluarana perusahaan. Pasalnya   booklet lebih murah dari pada promosi melalui media audio dan video.


Pamflet


Pamflet adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak, tanpa penyampulan maupun penjilidan, yang dicantumkan pada selembar kertas di satu sisi atau kedua sisinya, lalu dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, sehingga terlihat lebih kecil (dapat juga disebut selebaran). Pamflet dapat pula terdiri dari beberapa lembar kertas yang dilipat atau disatukan secara sederhana sehingga menjadi sebuah buku kecil.

Ciri-ciri :
·         Dicetak satu sisi dan biasanya ditempel ditembok jalan
·         Ukuran A3, A4 tergantung kebutuhan.


Poster


Poster adalah sebuah komposisi gambar dan tulisan yang dicetak di kertas berukuran besar. Ukuran tulisan di dalamnya bervariasi. Judul poster biasanya ditulis besar sehingga bisa terbaca dengan mudah oleh orang yang tidak sengaja melihatnya. Kemudian, informasi detailnya ditulis lebih kecil agar orang mau mendekat untuk bisa membacanya.

Ciri-ciri :
·         Sederhana
·         Menyampaikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok
·         Berwarna
·         Slogannya ringkas dan jitu
·         Tulisannya jelas
·         Motif dan desain bervariasi

Banner


Banner adalah salah satu media promosi yang dicetak dengan Print Digital yang umumnya berbentuk Potrait atau Vertikal. Banner adalah bentuk penyederhanaan dari Baliho.


Ciri-ciri :

a· Berisikan gambar yang menggambarkan logo suatu komunitas
b· Biasanya berbentuk menyerupai bendera
c· Iklannya berupa pesan ataupun selogan

Spanduk


Pengertian spanduk adalah kain panjang yang dibentangkan dan berisi informasi singkat tentang suatu produk atau peringatan umum. Belakangan ini, spanduk menjadi pilihan media promosi paling favorit karena harganya yang murah namun ukurannya besar sehingga mudah tertangkap oleh target konsumen. Spanduk biasanya dipajang di tepi jalan atau melintang di tengah jalan sehingga banyak terbaca oleh pengguna jalan yang melewatinya.


Ciri-ciri :

a· Bahannya kain berbentuk persegi panjang
b· Memiliki design dan kalimat untuk menyampaikan ide/gagasan

Baliho


Baliho adalah suatu sarana atau media berpromosi yang mempunyai unsur memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas, selain itu baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru. Dikenalnya baliho merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya mesin cetak digital yang semakin canggih.


Ciri-ciri :

a· Mempromosikan suatu produk, dan event.
b· Ukurannya besar
c· Diletakkan di tempat khusus dipinggiran jalan

MMT


MMT adalah sepanduk berbahan plastik, sedangkan perbedaan spanduk dan mmt terletak pada bahannya.


Ciri-ciri :

a· Terbuat dari bahan plastik
b· Menyampaikan ide atau gagasan
c· Bentuknya persegi panjang








Sumber
http://brainly.co.id/tugas/2335079