(Tab Widget 1)

(Tab Widget 4)

(Tab Widget 3)

Filled Under:

Tata Cahaya

Pengertian cahaya

Original Light

Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm. Kategori cahaya antara lain
  1. Original light (cahaya alami) : cahaya alami yang berasal dari alam langsung. Contohnya Matahari. 
  2. Artificial light (cahaya buatan) : cahaya berasal dari pengaturan lampu lampu yang digunakan dalam studio. Misalnya soft box, triger, reflector, lampu, dll.
Cahaya sangat diperlukan agar pembuatan gambar lebih baik. Tujuan penataan cahaya agar mendapat atmosfir dan suasana sesuai cerita, serta mempengaruhi emosi penonton, dan mendapatkan warna yang asli atau sesuai.

Pencahayaan televisi memiliki beberapa fungsi dengan memenuhi keperluan system peralatan teknik, memberikan perspektif, memberikan perhatian pada elemen yang penting dari adegan, menetapkan suasana pada adegan/ menetapkan waktu kejadian, dan mendukung keindahan dalam keseluruhan adegan. Tujuan utama pencahayaan dalam film untuk menyinari objek dan menghilangkan ataupun mengadakan bayangan tergantung dalam konsep awal film.

Dasar lightning untuk photography :
  1. Side Light : posisi lightning berada tepat disamping objek, hal ini menyebabkan setengah bagian objek tertutup bayangan.
  2. Back Light : Posisi lightning berada di belakang objek tujuannya agar bagian depan objek terlihat gelap sedangkan bagian samping tercipta sebuah garis.
  3. Front light : Posisi lightning berada di depan, menyebabkan bagian depan terkena cahaya secara penuh.
  4. Cyclorama : Cahaya yang lembut dari atas (upper horizone) dan dari lantai panggung ( lower horizone) yang berfungsi memberikan cakrawala dan perubahan-perubahan suasana. 
  5. Down light : Cahaya berasal dari bawah menyinari ke atas.
  6. Over head : Cahaya berasal dari atas kepala 


Unsur pencahayaan : 
  • Unsur teknik
  • Unsur seni
  • Unsur philosophie
3-point of light

Metode yang berguna untuk menghilangkan bayangan ataupun menciptakan bayangan. Terdiri atas : 
  • Key light : terletak di depan objek untuk menghasilkan bayangan yang kuat
  • Fill light : berguna melunkaan bayangan, dan biasanya intensitasnya setegah dari key light.
  • Back light : penyinaran dari belakang atas mengenai kepala, dan bahu. Gunanya memberi dimensi agar tidak terlihat menyatu dengan latar belakang.
  • Background light berguna untuk memperjelas agar setting kelihatan baik

Gambaran simple mengenai tata lampu







Sumber :